Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

BAKTI PADA NEGERI

Author : Administrator | Jum'at, 28 Desember 2012 10:48 WIB
 

Bondowoso; Bakti pada negeri  tim dosen peternakan yang terdiri dari Prof. Indah Prihartini,MP; Ir. Asmah Hidayati,MP dan drh. Imbang Dwi Rahayu,M.Kes melakuan penyuluhan dan bimbingan teknis bidang peternakan ruminansia kecil di kawasan perkebunan kopi, Kawah Ijen Bondowoso selama 3 hari mulai tanggal 19 – 21 Desember 2012. Kegiatan ini merupakan wujud pengabdian para dosen terhadap masyarakat, sesuai dengan jargon UMM dari Muhammadiyah untuk Bangsa.

Program peternakan komunal ini merupakan gagasan dari Bank Indonesia (BI)  yang mengucurkan dana untuk para peternak kambing/domba dengan system bergilir. Artinya, nantinya peternak mengembalikan hasil anakan kambing sejumlah yang ia terima dalam jangka waktu 3 tahun. Diharapkan dengan program ini dapat membantu menambah pendapatan para peternak yang notabene para petani kopi. Menurut staff Dinas Perkebunan Bondowoso, Bapak Latif mengungkapkan bahwa petani kopi pada bulan Nopember sampai  Februari merupakan bulan paceklik, karena kopi baru memasuki bulan berbunga/awal buah. Diharapkan dengan adanya program ini dapat menambah income bagi para petani/peternak.

Dengan mendatangkan Expert  bidang peternakan dari UMM, diharapkan pengetahuan terkait dengan manajemen pemeliharaan, kesehatan dan teknologi pakan dapat dikuasai oleh para peternak. Potensi limbah pertanian yang melimpah antara lain kulit kopi, tumpi jagung dan tebon jagung dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak melalui teknologi pakan.


























 
 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image