Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Bangkitkan Semangat Entrepreneur, Jurusan Peternakan Gelar Field Trip

Author : Administrator | Rabu, 21 Maret 2012 11:52 WIB
Peserta Field Trip Berpose Bersama

Langkah  Jurusan Peternakan FPP UMM perlu diacungi jempol. Sebab, tidak henti-hentinya untuk mendorong mahasiswa  menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan (entrepreneur). Salah satunya adalah menggelar Field Trip/kunjungan lapang  angkatan 2011 dibeberapa perusahaan peternakan di wilayah Malang Raya (19/03/2012).  Menggandeng HIMAPET UMM, acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa peternakan angkatan 2011 dengan didampingi oleh  staf dosen.

 

Kunjungan pertama dilakukan di  Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur UPTD  Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak Singosari. Spesifikasi pembibitan ternak adalah Kambing Perah Peranakan Etawa ( PE) dengan populasi mencapai 400 ekor.  Di tempat ini, mahasiswa diberikan penjelasan terkait manajemen pemeliharaan ternak kambing perah, penyakit ,pakan, dan manajemen pemasaran susu kambing PE.

Kunjungan kedua  dilakukan di peternakan pembibitan  Sapi potong “Jaso Farm “yang beralamat di Poncokusumo Malang. Jenis sapi potong yang kembangkan adalah Sapi Limousin, Simental dan Brahmann Cross dengan populasi mencapai 130 ekor. Di farm ini mahasiswa dikenalkan dengan jenis-jenis sapi potong, manajemen pembibitan, manajemen pakan dan manajemen pemasaran.

 

Kunjungan berikutnya di peternakan bebek “ Panggah Jaya” Turen. Peternakan bebek ini merupakan peternakan rakyat di mana Panggah Jaya merupakan pihak inti yang menyediakan bibit, obat-obatan, pakan dan menerima produk telur dan bebek afkir. Populasi bebek mencapai 75000 ekor. Menurut pemilik Panggah Jaya, Turen merupakan penghasil telur terbanyak ke-3 se Jawa Timur.

Rangkaian terkahir dalam field trip adalah kunjungan di peternakan sapi perah CV. Milkindo kepanjen dengan jumlah Populasi mencapai 350 ekor.

Menurut ketua Jurusan Peternakan, drh. Imbang Dwi  Rahayu, M.Kes mengungkapkan melalui kunjungan lapang ini, para mahasiswa peternakan tergerak hatinya untuk memperbanyak entrepreneur muda, sehingga kelak mampu bersaing.(khozin/rezki)


Jadilah pribadi yang mudah dibantu sesama
dan berdoalah agar engkau mudah dibantu Tuhan.

(Mario Teguh)



berpose di depan sapi simental


Diskusi dengan pemilik "panggah jaya Farm"


berpose bersama direktur CV. Milkindo Malang


 


 




Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image