Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Ciri-Ciri Ayam Bertelur dan Ayam Tidak Bertelur pada Ayam PETELUR atau Ayam Breeder Layer.

Author : Administrator | Rabu, 28 Maret 2012 10:10 WIB

            Dalam artikel ini, secara singkat akan memberi penjelasan tentang perbedaan ayam bertelur dan ayam bertelur secara fisik. Karena dalam pemeliharaan ayam, terutama  ayam petelur, kita sebagai peternak di tuntut harus mengetahui sedikit atau banyak tentang ciri-ciri ayam bertelur dan ayam tidak bertelur, ini sangat lah penting bagi peternak ayam petelur atau peternak ayam breeder layer.

1) Ciri-ciri ayam bertelur.

kita perhatikan gambar ayam yang bertelur di bawah ini,

  • bagian jengger dan pial terlihar bersinar, dan tidak terlihat pucat.

Jengger dan pial, mengkilap, merah dan besar

 

 

  • Jika di bagian kloaka, ayam yang bertelur akan terlihat cairan (lembab) dan tidak kering, bagian anus terbuka dengan lebar atau tidak menyempit. perhatikan gambar di bawah ini.

Anus yang lembab dan besar

 

  • Tulang pubis atau tulang pinggul belakang, selalunya sangat pleksibel dan lentur, dan berjarak antara 3 jari orang dewasa, silahkan perhatikan gambar yang ada di bawah ini, yang saya kasih tanda marker atau spidol adalah posisi tulang pubis

Jarak antara tulang sekitar 3 jari (org dewasa)

  • Bagian abdomen: pada bagian abdomen sangat lentur lembut dan terasa dalam bila di sentuh oleh tangan dan tidak keras. Perhatikan gambar di bawah ini, jarak antara tulang dada dan kloaka berjarak sekitar 3 sampai 4 jari orang dewasa, yang pada gambar di ini adalah 4 jari.

Posisi ayam menghadap ke atas

 
2) Ciri-ciri ayam yang tidak bertelur.

  • Perhatikan jengger ayam yang tidak bertelur ini
      1)   jengger dan vial terlihat pucat dan tidak bersinar
        2)      
jengger kecil , tidak cerah dan tidak mengkilap
        3)      
pial kecil dan warna yang memudar

Jengger dan pial yang kecil dan pucat

  • Bagian kloaka

                 1)     Bagian kloaka ayam yang tidak bertelur sangat terlihat kering

2)       dan lubang kloaka yang kecil, dan tidak lembab.

3)       tidak terlihat kandungan air di bagian kloaka ayam yang tidak bertelur

Bagian kloaka ayam tidak bertelur

 

  • Jarak antara tulang pubis: ayam yang tidak bertelur jarak antara tulang pubis sangat sempit, biasanya kurang dari 2 jari orang dewasa, dan tentunya sangat berlainan dengan ayam yang bertelur yang memiliki jarak yang sangat lebar, perhatikan gambar di bawah ini , jarak antara tulang pubis sangat kecil, dan kurang dari 2 jari, pehatikan jari telunjuk yang hanya masuk bagian ujung nya saja. menandakan bagian antara tulang pubis kurang dari 2 jari.

Jarak tulang pubis yang menyempit

  • Bagian abdomen ayam yang tidak bertelur: Pada bagian abdomen bila di raba sangat keras, dan tidak lentur, dan tidak dalam (dangkal) bial di raba. Perhatikan gambar di bawah ini: Pada bagian abdomen (bagian abdomen adalah bagian atau antara yang di garis merah) biasanya hanya berjarak antara 2 jari saja, dan sangat sempit.