Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Identifikasi Penyakit Dan Cara Pengobatannya

Author : Administrator | Senin, 29 Oktober 2012 12:32 WIB
 

           Untuk mengidentifikasi atau mengetahui adanya serangan penyakit pada ternak ayam yang sedang dipelihara, maka kewasdapadaan dan pengamatan yang cermat dan teliti secara rutin yang dilakukan secara terus-menerus sepanjang  hari merupakan faktor penting yang benar-benar harus diperhatikan agar secara dini (sejak awal) dapat diketahui atau teridentifikasi penyakit yang menyerang ayam dan dapat segera diatasi upaya penanggulangannya sehingga tidak cepat menyebar atau menular keternak lainnya.

                 Wabah penyakit yang datang secara cepat dan tidak terduga, secara teknis  dan ekonomis dapat merugikan usaha peternakan yaitu menurunnya produksi dan pendapatan usaha tani/ternak.Sebab, penyakit dapat menghambat pertumbuhan ayam, menurunnya berat badan ternak, dan bahkan dapat menghambat  bahkan seringkali dapat  menimbulkan kematian yang mendadak tanpa diketahui penyebabnya. Kematian akibat penyakit ini tidak hanya menimulkan kematian 1-2 ekor, akan tetapi seringkali dijumpai kematian dalam satu kandang dalam waktu yang singkat.

Penyakit yang menyerang ayam banyak macamnya, akan tetapi penyebab penyakit tersebut pada dasarnya digolongkan menjadi 5 macam, yaitu:

1.         Penyakit yang disebabkan oleh Parasit

Parasit-parasit yang menyerang ternak ayam banyak macam atau jenisnya, antara lain adalah protozoa (hewan bersel satu), cacing (cestoda, trematoda, nematode), dan arthropoda (tungau atau kutu). Hewan-hewan parasit ini dapat menyebabkan bermacam-macam penyakit, dan bagian tubuh yang diserang adalah saluran makanan, sistem pernafasan, kulit dan bulu, susunan syarat pusat, urat daging atau urat, mata dan dalam sistem urogenital.

2.       Penyakit yang disebabkan oleh Bakteri

Bakteri merupakan makhluk mikroskopis, artinya merupakan makhluk yang sangat halus sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Makhluk ini hanya dapat dilihat apabila menggunakan alat mikroskop. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri juga banyak macamnya, antara lain Pullorum (berak kapur), Coryza (pilek ayam), kolera, types, dan lain-lain.

3.       Penyakit yang disebabkan oleh Jamur (Fungi)

Jamur merupakan makhluk yang tergolong kedalam tumbuhan. Jenis-jenis jamur yang dapat menyebabkan penyakit pada ternak ayam adalah jamur Candida alicans, Aspergillus fumigates, Lophophyton. Pada umumnya golongan jamur ini menyerang alat pencernaan mulai dari mulut hingga perut, saluran pernafasan dan kulit, terutama pada bagian kulit yang tidak berbulu saperti pial dan jengger.

4.       Penyakit yang disebabkan oleh Virus

Virus tergolong makhluk yang mempunyai ukuran sangat halus, bahkan ukurannya lebih kecil lagi dari bakteri sehingga hanya dapat dilihat dengan bantuan alat mikroskop. Penyakit yang disebabkan oleh virus pada umumnya merupakan penyakit yang menular dan sangat membahayakan ternak ayam. Penyakit yang paling berbahaya dan cepat penularannya yang disebabkan oleh virus adalah ND (Newcastle desease) atau tetelo. Sedangkan penyakit-penyakit lainnya adalah bronchitis, cacar, Diphteri (tenggorokan), CRD (Chronic Respiratory Desease)/penyakit pernafasan, Leukosis, dan lain-lain.

5.       Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat gizi

 

Penyakit ini dikenal dengan nama penyakit defisiensi, merupakan penyakit yang timbul pada ternak ayam karena adanya kekurangan salah satu unsur makanan(zat gizi) dalam ransum atau makanan yang diberikan. Penyakit yang di timbulkannya antara lain Perosis, Dermatitis, rachitis, dll

 

Sumber bacaan: cahyono B,2004, Cara Meningkatkan Budidaya Ayam Ras Pedaging (Broiler), pustaka nusantara

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image