Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Jurusan Peternakan FPP UMM Berhasil Mencetak Wirausaha Baru "Yaa Yoghurt"

Author : Administrator | Sabtu, 18 Februari 2012 10:05 WIB

      


Program PUP (Praktek Usaha Peternakan) yang merupakan program unggulan Jurusan Peternakan UMM telah terbukti menghasilkan wirausaha baru berupa minuman sehat Yaa Yoghurt”, dari asal kata nama-nama mahasiswa dalam tim PUP, yaitu Yusuf, Aris dan Adit. Usaha ini telah dilaksanakan pada bulan Januari 2011. Nama produk awal adalah Yoghurt Super Cow, … Super Manfaatnya. Tempat produksi yoghurt pada awalnya bertempat di Laboratorium Peternakan FPP UMM, karena pada saat itu masih berstatus mahasiswa tugas akhir. Pemasaran dilaksanakan di beberapa outlet penjualan, pada awalnya, dua outlet yakni di depan swalayan Alfa Mart wilayah kampus UMM dan di depan swalayan Persada jln M.T. Haryono Dinoyo Malang, buka pukul 10.00-21.00 WIB dan pada bulan puasa buka pukul 16.00-21.00 WIB. Outlet yang pertama telah dibuka akhir bulan Maret 2011 dan outlet yang kedua baru di buka pada pertengahan bulan Juli 2011.Tiga outlet berikutnya telah berkembang lagi, yaitu di Jl. Tirto Utomo, Landungsasri, Jl. Gajayana, depan UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang dan di Sumbersari, dekat kampus II UMM.

Yoghurt yang dipasarkan untuk sementara ini masih fokus pada minuman yoghurt sedangkan untuk minuman yoghurt yang ditambahkan dengan nata Aloe vera akan segera ditindak lanjuti pada berikutnya, mengingat proses pembuatan yang cukup lama dan ketidakpastian ketersediaan bahan. Sementara ini penggunaan nata Aloe vera digantikan dengan jelly rumput laut. Pemasaran yoghurt sangat ramai pada saat mahasiswa aktif perkuliahan dan agak menurun saat liburan mahasiswa.

Kelebihan yaa yoghurt dibanding yoghurt yang lain adalah pengelolaan manajemen produksi yoghurt yang sudah memperhatikan kualitas sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI), karena dikontrol di bawah pengawasan Laboratorium Peternakan FPP UMM.   

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image