Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Kapsul Gizi Untuk Kesehatan

Author : Administrator | Kamis, 01 Maret 2012 10:39 WIB


Kapsul gizi yang dimaksud adalah telur, baik telur ayam ras/negeri, ayam buras (bukan ras)/kampung maupun itik. Telur ayam ras maupun buras hampir mempunyai unsur yang sama, hanya saja komposisinya berbeda. Telur merupakan kapsul bergizi tinggi terutama sumber protein, lemak, vitamin dan mineral sehingga sangat esensial untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tubuh manusia. Ahmad (1995) menyatakan telur mengandung unsur asam-asam amino dan beberapa mineral serta vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Asam amino  yang dikandungnya meliputi Methionin, Theronin, Sistin, Lisin, Arginin, Fenilalanin dan beberapa asam amino esensial lainya. Vitamin-vitamin penting seperti A, B12, D dan E, merupakan vitamin yang terkandung di dalam kuning telur, sedangkan kandungan putih telur mempunyai beberapa mineral seperti Ca, Mg, K dan Na.Dalam prakteknya telur sudah banyak dimanfaatkan baik dikonsumsi mentah, sebagai campuran dalam olahan pangan untuk lauk pauk, material dalam adonan kue serta diawetkan dahulu dalam keadaan mentah atau dimasak sebagai telur pindang dan telur asin.

Perlu di pertimbangkan apabila mengkonsumsi putih telur mentah dalam minuman jamu akan mengurangi nilai gizi dalam tubuh. Frazier dan Westhoff (1978 dalam Ali, 1995) menyatakan bahwa putih telur /albumin banyak mengandung substansi anti gizi seperti apoprotein, avidin dan antitripsin. Maka bagi mereka yang sering minum jamu seperti STMJ (Susu Telur Madu Jahe) dan jamu tradisional dengan menyertakan putih telur dalam adonan jamu yang masih hangat saja atau mentah, hal ini secara tidak sadar telah mentransfer molekul yang mengikat kuat gizi lain dalam tubuhnya yang sangat sulit dicerna dan berarti mengurangi khasiat jamu. Bilamana antiripsin terkonsumsi masuk kedalam tubuh manusia maka akan menghambat aktifitas enzim tripsin dan khemotripsin sehingga menurunkan efesiensi kerja pencernaan protein dan penyerapan gizi makanan. Selain itu inhibitor tripsin akan menimbulkan pembengkakan kelenjar pancreas karena dipaksakan mensintesa enzim tripsin berikutnya. Di tinjau dari rantai kimianya substansi anti gizi dalam putih telur ini merupakan molekul protein sehingga untuk menghilangkan efek negatifnya, maka putih telur perlu dimasak hingga air mendidih sebelum dikonsumsi. (Ali, 1995)


Telur Fertil dan  Infertil
Istilah Telur fertil merupakan telur yang telah dibuahi oleh pejantan. Telur ini di produksi sebagai calon bibit untuk ditetaskan, sedangkan telur infertil adalah telur yang tidak mengalami pembuahan (tidak dikawinkan). Telur infertil diproduksi untuk telur konsumsi.

Pandangan masyarakat terkait telur infertil yang digunakan untuk jamu tidak mujarab adalah pandangan yang keliru. Sebaliknya masyarakat yang menganggap telur yang dibuahi menjadi mujarab untuk obat kuat juga tidak berdasar. Telur fertil/infertil yang digunakan untuk jamu tradisional maupun STMJ (biasanya telur ayam arab/kampung dan itik) adalah sama. Hal ini karena yang memberikan kesehatan tubuh manusia adalah kandungan nutrisi telurnya yaitu yang ada di kuning telur. Sebagaimana disinggung diatas kuning telur mengandung unsur asam-asam amino dan beberapa mineral serta vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino  yang dikandungnya meliputi Methionin, Theronin, Sistin, Lisin, Arginin, Fenilalanin dan beberapa asam amino esensial lainya. Vitamin-vitamin penting seperti A, B12, D , E, merupakan vitamin yang terkandung di dalam kuning telur.

Telur ayam arab

Status ayam arab, ayam bangkok, ayam kampung dan itik termasuk dalam kategori buras, sedangkan ayam leghorn dan broiler  merupakan ayam ras. Jadi bagi para penggemar telur dan atau daging ayam kampung bisa  beralih ke telur arab/maupun dagingnya karena dari segi jenis sama-sama ayam buras, dari segi kualitas sama, kandungan nutrisi tidak jauh berbeda. Dewasa ini yang dijual dipasaran justru telur ayam arab karena produktifitasnya yang tinggi sehingga mudah didapatkan bagi para tengkulak.

Biasanya konsumen enggan mengkonsumsi telur bagi ayam yang dikandangkan dan memilih telur ayam umbaran dengan alasan tidak mengkonsumsi konsentrat. Padahal konsentrat atau lebih di kenal dengan pakan penguat merupakan ransum dengan gizi tinggi yang dibuat dari bahan baku pakan hewani maupun nabati seperti Meat Bone Meal (MBM), Poultry Meat Meal (PMM),Bungkil Kedelai, Bungkil Kacang Tanah, Bungkil Canolla, Tepung Ikan, Tepung Tulang, Tepung Kerang dll. Jadi tidak perlu takut mengkonsumsi telur.


oleh: Nurkhozin Aziz, S.Pt | Staff Jurusan Peternakan

Ahmad, 1995  Telur dan kontaminannya, Poultry Indonesia | Ali, 1995   Kapsul Gisi Beryodium, Poultry Indonesia


 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image