Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Keistimewaan Susu Kambing

Author : Administrator | Jum'at, 24 Februari 2012 13:02 WIB
Jenis Kambing saanen, produksi susu tinggi

       Beberapa orang  masih asing ketika mendengar susu kambing. Ketika mencoba untuk meminumya banyak orang yang enggan karena bau spesifik “prengus" (istilah jawa)  pada susu kambing. itu merupakan ciri khas fisik susu kambing. Dengan kebersihan kandang dan teknik pemerahan yang baik di antaranya pencucian ambing, penyaringan -menggunakan kain yang berpori kecil, lebih baik double-dapat  mengurangi bau “prengus” susu kambing. 

        Pakar kesehatan atau para dokter biasanya menyarankan penggunaan susu kambing ini untuk penyembuhan berbagai penyakit di antaranya terapi asma dan untuk yang mudah terkena diare jika minum susu sapi, susu kambing cocok dikonsumsi karena mudah dicerna di lambung. 

               
Berat jenis susu kambing minimal 1.027 dengan kadar lemak minimal 2.8%. Susu kambing terdiri dari 7/8 bagian air dan 1/8       bagian bahan kering (Sarwono,2010).
        
 Sarwono menambahkan bahwa keistimewaan susu kambing sebagai berikut:
 

1.       Lemak dan proteinnya lebih mudah dicerna daripada susu sapi, karena terdapat dalam bentuk yang lebih halus dan homogen. Mudah dicerna oleh anak balita sampai orang tua.

2.       Proteinnya memiliki efek laksatif yang lembut

3.       Kandungan vitamin B1 susu kambing lebih tinggi dibanding susu sapi

4.       Susu kambing baik sekali dikonsumsi anak-anak dan orang lanjut usia yang tidak cocok minum susu sapi karena gangguan pencernaan.

5.       Minum segelas susu kambing setiap hari membantu penyembuhan penderita asma dan radang paru-paru

6.       Susu kambing tidak menyebabkan diare dan alergi, karena tidak memiliki faktor lactose intolerance.

7.       Ada yang percaya kalau minum susu kambing dapat membantu mengatasi impotensi pada pria. Hal ini wajar karena susu kambing padat akan gizi.

Bagi yang belum merasakan nikmatnya susu kambing, selamat mencoba.(khoz/riz)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image