Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Lemak dan Laktosa Susu Kambing

Author : Administrator | Senin, 27 Februari 2012 09:51 WIB
 

        a.  Lemak susu kambing 

Susu Kambing mengandung lemak sekitar 4.2 %. Lemaknya terdapat dalam keadan emulsi (butiran-butiran kecil) yang tersebar merata dalam susu.kalau susu didiamkan beberapa lama, emulsi lemak akan naik ke permukaan susu membentuk lapisan kepala susu. Emulsi lemak yang mengumpul dapat diolah menjadi mentega.

Lemak susu kambing terdiri dari campuran trigliserida yang terdiri dari sekitar 52 asam berlemak, yang 67% berupa lemak jenuh dan 23 % lemak tak jenuh.Lemak susu secara alamiah terbungkus gelembung-gelembung membran yang di sebut globuli sebesar 1-5 mikron.Globuli susu kambing berukuran sekitar 3 mikron, lebih kecl dibanding globuli susu sapi yang berukuran sekitar 4-5 mikron.

Bagian susu yang berlemak mengandung semua zat larut dalam lemak seperti lipoprotein, fosfolipid, karotenoid (zat berwarna kuning sebagi provitamin A), Vitamin A,D,E,K dan berbagai enzim. Lemak susu kambing juga mengandung asam mentega sekitar 3 %,asam kapron 2%, asam kaprik 1 %,asam kaprina 1.5 %, asam laurina 6 %, asam miristina 20%, asam palmitina 10%, asam oleina 32 % dan asam linolen 3%

b. Laktosa

Susu kambing mengandung laktosa sekitar 4.23%. Laktosa atau gula susu itu terlarut dalam susu sehingga memberikan rasa manis. Laktosa dapat dipisahkan dari cairan susu setelah kasein (protein). Manfaat laktosa sama dengan karbohidrat, tetapi harus dipecah dulu menjadi glukosa dan galaktosa oleh enzim laktosa dari alat pencernaan.

 

Sumber : B. Sarwono, 2010, Beternak Kambing Unggul, Penebar Swadaya.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image