Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Lokakarya SAP Dan RPP Program Studi Peternakan FPP UMM

Author : Administrator | Kamis, 09 Februari 2012 08:35 WIB
 

Program studi peternakan FPP UMM berupaya untuk terus mengembangkan diri dalam upaya meraih kepercayaan masyarakat.  Salah satu yang terus menerus dilakukan adalah revitalisasi kurikulum yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.  Sebagai kelanjutan untuk menyempurnakan dan meningkatkan kualitas kurikulum, pada tanggal 3-4 Pebruari 2012 dilakukan kegiatan lokakarya Silabus dan RPP sebagai bagian dari isi kurikulum yang menjadi ujung tombak pembelajaran di kelas.  Diharapkan dengan adanya lokakarya ini menghasilkan SAP dan RPP yang lebih komprehensif, bermutu, dan sesuai dengan kehendak stake holders. 

Beberapa pakar dihadirkan dalam pelaksanaan lokakarya tersebut untuk melakukan brainstorming dengan dosen-dosen prodi peternakan UMM.  Bapak Drs. Nurhakim membahas kajian peternakan dalam perspektif islam.  Sedangkan Ibu Dra. Lisye Chamsijatin, MPd. menyampaikan materi penyusunan SAP dan RPP berbasis student center learning.   Banyak masukan dan pengetahuan baru yang diperoleh dari hasil diskusi dengan beliau berdua untuk penyusunan SAP dan RPP yang sesuai dengan perkembangan jaman.

Acara lokakarya ini dihadiri oleh semua dosen PS Peternakan.  Mereka kemudian membahas SAP dan RPP ini dalam lima komisi yaitu komisi Produksi Ternak, Komisi Kesehatan dan reproduksi Ternak, Komisi Nutrisi dan Makanan Ternak, Komisi Sosial Ekonomi Ternak dan Komisi Ternologi Hasil Ternak.  Pada sidang komisi tersebut didiskusikan dan ditetapkan SAP dan RPP dengan acuan yang diperoleh dari BKMA yang sesuai dengan standar universitas. 

Pada hari berikutnya dibahas dalam sidang  pleno, hasil dari sidang komisi.  Ternyata banyak sekali hal-hal yang menjadi bahan penyempurnaan dalam penyusunan SAP dan RPP.   Ketika ditayangkan materi per mata kuliah masih banyak kelemahan yang akhirnya menjadi focus untuk diperbaiki.  Kegiatan penyempurnaan ini sangat menyita waktu sehingga dari rencana semula acara akan ditutup pada jam 12 siang hari Sabtu menjadi jam 17 sore.

Secara umum hasil yang diperoleh sangat siginifikan untuk peningkatan mutu program studi dan lulusan.  Masukan dari stakeholders merupakan titik krusial yang menjadi perhatian utama.  Disamping juga perkembangan kurikulum, SAP dan RPP terbaru yang dikeluarkan oleh Kemendiknas dalam bentuk UU, Kepres, ataupun Kepmen.  Acara diakhiri dengan penutupan oleh Ibu Imbang DR. selaku Ketua PS Peternakan.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image