Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa Peternakan UMM Mampu Berwirausaha Secara Profesional dalam 10 SKS

Author : Administrator | Kamis, 27 Oktober 2011 10:07 WIB
Laboratorium Kandang FPP UMM
Laboratorium Kandang FPP UMM

Dalam rangka pengembangan kreatifitas dan persiapan terjun ke masyarakat, Jurusan Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa. Mata kuliah Praktek Usaha Peternakan (PUP) ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa Peternakan mampu berwirausaha dengan maksimal. Pembekalan dilakukan selama enam hari dalamm dua minggu, yaitu setiap hari Senin sampai Rabu. Semua pemateri berasal dari berbagai dosen di UMM. Materi yang diberikan meliputi kewirausaha, motivasi, marketing, bussines plan dan analisis usaha, manajemen ternak ruminansia dan unggas. Pemateri berasal dari dosen peternakan dan dosen-dosen lain lintas jurusan di FPP.

Pemberian materi dilaksanakan di Laboraturium Peternakan, dimulai pada pukul 09.00 - 12.00 WIB. Tidak hanya menyampaikan materi saja, namun para dosen juga memberikan motivasi kepada mahasiswa agar mampu berwirausaha dengan baik. Pelaksanaan PUP dilakukan berkelompok, setiap tim terdiri dari tiga sampai lima orang mahasiswa dan dibimbing oleh dua dosen. Setiap tim harus mengajukan proposal usaha yang nanti akan diuji kelayakannya oleh tim penguji. Struktural dalam setiap tim harus jelas, agar tercipta sebuah teamwork yang baik.

Setelah melaksanakan program ini, mahasiswa harus membuat laporan PUP dan mempresentasikan di depan tim dosen penguji, Kepala Jurusan, Pembantu Dekan I, dan dosen pembimbing. Bobot untuk mata kuliah ini hingga 10 sks, yang terdiri dari berbagai elemen. Diantaranya poin produksi, poin pemasaran dan lain-lain. Sejauh ini mata kuliah PUP telah mampu menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas. Salah seorang tim PUP yang telah sukses adalah Yusuf, Aris dan Pradityo. Mereka telah sukses membuka gerai yogurt di depan waralaba di jalan Tlogomas. Mereka juga menyatakan bahwa pengalaman selama melaksanakan PUP sangat membantunya menjalani persaingan di dunia kerja.

Drh. Imbang Dwi Rahayu M.Kes mengharapkan melalui mata kuliah PUP ini, mahasiswa siap menghadapi dunia kerja. Belajar bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang terjadi, baik masalah internal maupun eksternal. Mahasiswanya juga mampu memiliki mental yang tangguh, mampu menganalisis usaha dan memiliki soft skill yang baik. (yeu)

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image