Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Panduan Dasar Memelihara Ayam

Author : Administrator | Kamis, 29 Maret 2012 12:34 WIB




        Panduan ini bersifat dasar, akan tetapi buat anda yang belum mengetahui kondisi ayam atau kondisi brooder dan cara mengatasinya, lebih baik anda baca terlebih dahulu. info ternak tidak akan panjang lebar, dan langsung saja pada pembahasan pokok. Brooder atau pemanas seharusnya beroperasi 24-48 jam sebelum ayam datang kelokasi kandang. Tujuannya adalah supaya suhu di dalam kandang mencukupi untuk anak-anak-ayam /DOC (Day Old Chik) yang membutuhkan suhu 85 – 90 F atau 29-30 C. Suhu ini jika menggunakan thermometer, maka ketinggian termometer dari lantai adalah setinggi 5 cm.

Perhatikan prilaku atau lihat tingkat kepanasan suhu brooder

1. Kondisi yang benar.

Kondisi yang benar adalah, sebaran atau himpunan ayam yang berada di dalam brooder dengan posisi yang rata. Semua ayam menyebar dan mengisi seluruh kawasan lingkaran brooder, semua ayam makan dan minum dengan tenang dan tidak berteriak teriak.

2. Brooder dengan gangguan angin.

Brooder yang terjadi oleh gangguan angin adalah, anak-anak ayam berteriak-teriak dengan suara yang bising, anak-anak ayam berkumpul di salah satu sisi (brooder) sambil berkerumun karena kedinginan.

Pengendalian:

Jika masalah ini terjadi, perhatikan pintu kandang anda tertutup atau terbuka, jika terbuka, maka dengan segera tutup pintu kandang ayam anda, mungkin saja angin yang masuk melalui pintu yang mengganggu suhu brooder saat itu. Kemudian periksa tirai kandang, siapa tahu tirai kandang anda terjatuh karena tiupan angin, dan angin masuk dari luar kedalam melalui lubang tirai yang terjatuh, sehingga angin mengganggu suhu di daalam kandang.

Dan jika kandang anda tidak di tutupi oleh tirai, maka sebaiknya memasang tirai di lokasi, di mana brooder berada, dan jika membeli tirai untuk menutupi “semua kandang”  yang akan mengeluarkan biaya yang banyak, maka paling tidak anda harus menutup lokasi brooder tersebut. Fungsinya, sangat berguna ketika suhu turun secara drastis, biasanya suhu sukar dikontrol ketika pada malam hari disertai hujan dan angin, maka dengan adanya tirai atau terpal, maka akan lebih mengontrol suhu  tersebut.

3. Brooder terlalu sejuk

Jika brooder terlalu sejuk maka anak-anak ayam akan berkumpul atau berhimpit satu sama lain di bawah pemanas dan akan berteriak-teriak.

Pengendalian.

Periksa pemanas anda, apakah pemanas berfungsi dengan baik? jika pemanas anda mati, segera hidupkan. Jika pemanas anda menyala ( tidak mati) lalu periksa ketinggian pemanas, apakah brooder kurang dekat dengan ayam atau terlalu tinggi, sehingga panas yang di hasilkan oleh pemanas tersebut tidak sempurna. Jika pemanas terlalu tinggi, maka segera atur ketinggian pemanas tersebut ke posisi yang benar. Atur suhu dan ketinggian pemanas, jika suhu sangat di butuhkan dan anak ayam sangat kedinginan, maka turunkan saja, kira-kira 60 cm dari dasar, dan seiring berjalan waktu, maka suhu di dalam lingkaran akan meningkat, maka ketika suhu nya semakin naik, tambah saja ketinggian nya kira-kira bisa menghasilkan suhu 30 celcius.

4. Brooder Terlalu Panas

Jika brooder anda terlalu panas, semua anak-anak ayam akan menjauhi pemanas, anak ayam akan bertebaran di sekeliling brooder, tidak mau ke tengah (dimana pemanas berada), anak-anak ayam akan membuka mulut dan tidak mau makan.

Pengendalian.

Jika masalah ini terjadi, periksa pemanas, dan jika terjadi nya di siang hari, maka segera mati kan pemanas tersebut, dan jika terjadi di malam hari, segera naikan pemanas (untuk mengurangi suhunya) mungkin brooder terlalu bawah dan mengakibatkan suhu di dalam lingkaran menjadi berlebihan.

Sumber referensi : www.mukhsin.com

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image