Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Patogen BSE Bisa Menular Dengan Air

Author : Administrator | Senin, 17 Januari 2011 11:21 WIB

GERMANY - peneliti Jerman di Universitas Zurich, telah menyimpulkan bahwa prion udara juga menular dan dapat menyebabkan penyakit sapi gila atau gangguan Creutzfeldt-Jakob.

Para peneliti merekomendasikan tindakan-tindakan pencegahan untuk laboratorium ilmiah, pemotongan hewan dan tanaman pakan ternak.

prion adalah agen infeksi yang menyebabkan epidemi penyakit sapi gila, juga disebut bovine spongiform encephalopathy (BSE), dan mengklaim kehidupan lebih dari 280.000 sapi dalam beberapa dekade terakhir. Penularan BSE ke manusia, misalnya dengan memakan makanan yang berasal dari sapi yang terinfeksi BSE, penyebab penyakit varian Creutzfeldt-Jakob yang dicirikan oleh progresif dan selalu mematikan break-down dari sel-sel otak.

Telah diketahui bahwa prion dapat ditularkan melalui instrumen bedah terkontaminasi dan, yang lebih jarang, melalui transfusi darah. Konsumsi produk makanan yang terbuat dari sapi yang terinfeksi BSE juga dapat menyebabkan penyakit yang bertanggung jawab atas kematian hampir 300 orang. Namun, prion umumnya tidak dianggap udara - berbeda dengan banyak virus termasuk influenza dan cacar air.

Tingkat tinggi infeksi

Tim Prof Adriano Aguzzi tentang ilmuwan di Universitas Zurich dan Tübingen dan Rumah Sakit Universitas Zurich sekarang menentang gagasan bahwa prion udara yang berbahaya. Dalam sebuah penelitian, mencit bertempat di ruang inhalasi khusus dan terkena aerosol yang mengandung prion. Tanpa diduga, ditemukan bahwa inhalasi aerosol tercemar prion-diinduksi penyakit dengan efisiensi menakutkan.

Hanya satu menit tunggal paparan aerosol sudah cukup untuk menginfeksi 100 persen dari tikus, menurut Prof Aguzzi yang menerbitkan temuan dalam Open-Access-Journal "PLoS Pathogens." Semakin lama-yakin pameran berlangsung, semakin pendek waktu inkubasi pada tikus penerima dan tanda-tanda klinis cepat penyakit prion terjadi. Prof Aguzzi mengatakan temuan ini sama sekali tak terduga dan tampaknya bertentangan dengan pandangan luas bahwa prion tidak udara.

Para prion tampaknya transfer dari saluran udara dan menjajah otak langsung karena cacat sistem kekebalan tubuh - yang dikenal untuk mencegah bagian dari prion dari saluran pencernaan ke otak - tidak dapat mencegah infeksi.

Melindungi manusia dan hewan

tindakan pencegahan terhadap infeksi prion di laboratorium ilmiah, pemotongan hewan dan tanaman pakan ternak tidak biasanya termasuk perlindungan ketat terhadap aerosol. Penemuan baru menunjukkan bahwa mungkin disarankan untuk mempertimbangkan kembali peraturan dalam terang transmisi udara kemungkinan prion. Prof Aguzzi merekomendasikan tindakan pencegahan untuk meminimalkan risiko infeksi prion pada manusia dan hewan. Dia, bagaimanapun, menekankan bahwa temuan berasal dari produksi aerosol dalam kondisi laboratorium dan Creutzfeldt-Jakob pasien tidak prion napas.

Sumber : The DairySite

http://www.thedairysite.com/news/33246/bse-pathogens-can-be-transmitted-by-air

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image