Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Pelatihan Kewirausahaan Bagi Guru Dan Siwa Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Di Blitar

Author : Administrator | Selasa, 07 Februari 2012 09:33 WIB

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI GURU DAN SIWA SISWI  SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN  DI BLITAR

Oleh: Wehandaka Pancapalaga  dan  Herwintono

Ilustrasi : Penyamakan Kulit



Abstrak

Harapan untuk diterima di dunia kerja tentunya tidaklah keliru, namun tidak dapat dipungkiri bahwa kesempatan kerja pun sangat terbatas dan tidak berbandng linear dengan lulusan lembaga pendidikan baik dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. Oleh sebab itu semua pihak terkait  harus terus berpikir dan mewujudkan karya nyata dalam mengatasi kesenjangan antara lapangan kerja dengan lulusan institusi pendidikan

Salah satu solusinya adalah dengan mencetak lulusan Sekolah Menengah Kejuruan   yang memiliki potensi untuk mengembangkan keterampilannya menjadi usaha mandiri. Selain menjadi solusi bagi dirinya, seringkali usaha mandiri ini mendatangkan berkah bagi orang lain yang direkrut sebagai karyawan ataupun buruh pada usaha yang dirintisnya.

Secara ringkas kegiatan  untuk membangun motivasi jiwa kewirausahaan bagi siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan dan sederajad   yang sudah dilakukan adalah sebagai berikut :

Kegiatan Penyuluhan : yang meliputi penyuluhan warung sehat, Penyuluhan tentang  formulasi penyamakan  kulit ikan pari,Penyuluhan tentang  proses penyamakanan    kulit ikan pari, Penyuluhan Tentang Membuat yoghurt susu, Penyuluhan tentang Membuat Bakso bakar.

Kegiatan Pelatihan : yang meliputi satu paket pelatihan penyamakan kulit ikan pari  (seleksi bahan baku, formulasi , proses penyamakanan dan manajemen), Satu paket pelatihan Pembuatan barang barang kulit   dengan bahan baku kulit samak ular, kelinci (tas wanita , tempat HP , dan dompet wanita ), satu paket pelatihan olahan susu (yoghurt) dan satu  paket Pelatihan membuat bakso bakar . 

Kegiatan Rancang Bangun : yang meliputi pemberian hibah seperangkat rombong bakso bakar  dan yoghurt untuk koperasi julud Jaya dan 3  rombong bakso bakar  dan yoghurt untuk SMK di Kabupaten Blitar.

 Dari hasil kegiatan Pelatihan Kewirausahaan bagi guru dan siswa Sekolah Kejuruan melalui  pelatihan olahan kulit dan bakso bakar dan yoghurt  dapat dismpulkan sebagai berikut :

  1. Pengetahuan dan ketrampilan  Guru dan siswa  khususnya tentang kulit , olahan daging dan yoghurt  sebagai usaha di kantin kantin sekolahan secara umum meningkat.
  2. Masih ada kesulitan para guru  untuk  keberlanjutan program tentang kewirausahaan siswa karena masih belum banyak SMK yang menerapkan ekstra kurikuler kewirausahaan disekolahnya masing masing .

 

 

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image