Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Pengembangan Formulasi Konsentrat Sapi Perah dengan Toxin Binder Untuk Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Susu

Author : Administrator | Selasa, 07 Februari 2012 09:25 WIB

PENGEMBANGAN FORMULASI KONSENTRAT  SAPI PERAH DENGAN TOXIN BINDER  UNTUK PENINGKATAN KUANTITAS DAN KUALITAS SUSU

 

Khusnul Khotimah, Endang Sri Hartatie

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untunk mengetahui penggunaan toxin binder dalam formulasi pakan konsentrat terhadap kuantitas dan kualitas susu sapi perah. Hasil penelitian ini diharpkan dapat meningkatkan kualitas pakan konsentrat sehingga dapat meningkatkan produktivitas sapi perah.

Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sapi perah laktasi milik peternak angguta KUBE PSP Maju Mapan. Penelitian eksperimen dengan rancangan acak kelompok (RAK) dengan tiga perlakuan yaitu pakan konsentrat dengan toxin binder, pakan polar saja dan konsentrat tanpa toxin binder. Selain itu dilakukan obeservasi langsung ke peternak. Data di analisis variansi dan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan toksin binder dalam formulasi konsentrat sapi perah berpengaruh nyata terhadap produksi susu, total solid, kadar lemak, kadar protein susu, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap Bj susu.

Kesimpulan yang dapat dikemukakan dari penelitian ini adalah penggunaan toxin binder dalam formulasi konsentrat sapi perah dapat meningkatkan  kuantitas dan kualitas susu.

Saran hasil penelitian ini adalah  toxin binder dapat digunakan sebagai alternative perbaikan kualitas pakan konsentrat sapi perah.

 

Kata kunci: toxin binder, kuantitas dan kualitas susu.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image