Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Peran Pemberian Probiotik Plus aloe barbadensis Miller dalam Pakan Terhadap Peningkatan Kesehatan Sapi Perah

Author : Administrator | Selasa, 07 Februari 2012 09:27 WIB

Peran Pemberian Probiotik Plus aloe  barbadensis Miller dalam Pakan Terhadap Peningkatan Kesehatan Sapi Perah



A
BSTRAK

Imbang D.R. dan Siti Aisyah I

                

Hasil penelitian pemberian probiotik lignochloritik dan hasil penelitian pemberian Aloe berbadensis miller pada sapi perah digunakan sebagai dasar untuk formulasi baru probiotik berbasis bakteri lignochloritik dan Aloe berbadensis Miller.  Dan  perlu dilakukan uji secara in vivo pada sapi perah untuk evaluasi terhadap status kesehatan ternak tanpa antibiotik sehingga dihasilkan produk susu organik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik lignochloritik  dan  Aloe barbadensis Miller pada sapi perah di desa Tegalsari Kepanjen.  Penelitian ini menggunakan 3 perlakuan dan 5 kali ulangan, 1 kontrol dan 5 ulangan.  Perlakuan 1 (P1) dengan pemberian Aloe barbadensis Miller (ABM) sebanyak 4 gram kering powder; P2 (dengan pemberian probiotik lignochloritik), sebanyak 50 gram; P3 (gabungan Aloe barbadensis Miller  dan probiotik lignochloritik) dan P0 (tanpa pemberian ABM dan probiotik lignochloritik).  Pemberian ini dilakukan selama 2 minggu berturut-turut, hasil diperiksa setelah 2 minggu pasca pemberian.

Pemeriksaan sampel berupa feses untuk uji apung, terhadap adanya  cacing ; pemeriksaan klinis untuk mengetahui status kesehatan sapi perah. Pemeriksaan sampel darah untuk mengetahui status sistem pertahanan sapi perah  terhadap datangnya infeksi. Pemeriksaan total produksi untuk mengetahui pengaruhnya terhadap produksi susu. Uji Mastitis test untuk mengetahui pengaruh pemberian perlakuan terhadap kejadian mastitis.

Hasil yang diperoleh adalah  penurunan produksi susu diakibatkan karena infestasi cacing  Bunostonum sp, Strongylus sp dan Fasciola gigantica (liver flukes).  Pemberian Aloe barbadensis Miller   mampu menurunkan derajad infestasi dari berat menjadi sedang dan dari sedang menjadi ringan pada dosis 4 gram perhari.  Gabungan Aloe barbadensis Miller  dan probiotik lignochloritik ternyata  mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh sapi perah disamping itu juga meningkatkan produksi susu. Aloe barbadensis Miller mampu menurunkan jumlah spora kapang yang beredar di peredaran darah sapi perah.

 

Kata kunci : Probiotik lignochloritik, Aloe barbadensis Miller, kecacingan , spora  kapang dan system pertahanan tubuh

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image