Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

PETERNAKAN UMM ADAKAN LOKAKARYA KBK KKNI 2014

Author : Administrator | Sabtu, 15 Maret 2014 10:30 WIB

Template Judul Gambar Berita 1
Template Judul Gambar Berita 2.


Lokakarya KBK KKNI 2014 (Kurikulum Berbasis Kompetensi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) yang diadakan oleh Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian-Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang merupakan agenda untuk merumuskan kurikulum pembelajaran bidang peternakan berbasis KKNI.


Bertempat di Kebun Teh Wonosalam Lawang, Malang (8-9 Maret 2014) Lokakarya menghasilkan beberapa rumusan antara lain:

 



1.  Analisis swot sebagai bahan penyusunan KBK KKNI
2. Evaluasi Hasil Tracer Studi Lulusan Jurusan Peternakan UMM
3. Rumusan Profil Lulusan Peternakan UMM
4. Learning Outcomes Program Studi Peternakan UMM Berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
5.  Penjabaran Learning Outcomes dalam mata kuliah dan Matrix mata kuliah dengan SKS

Prof. Dr.Ir.Wahyu Widodo,MS selaku ketua Panitia mengungkapkan bahwa lokakarya KKNI ini diharapkan dapat merumuskan agenda-agenda antara lain Analisis SWOT, evaluasi Tracer Study, merumuskan profil lulusan dan Learning Outcomes program studi.

Ketua Jurusan Peternakan FPP UMM Ir. Asmah Hidayati,MP menyampaikan bahwa dengan selesainya pembahasan tentang kurikulum berbasis KKNI ini akan menambah kuatnya karakter alumni Jurusan Peternakan FPP UMM, sehingga alumni tidak akan ragu lagi untuk memulai usaha dibidang peternakan, sesuai dengan profil alumni utama alumni yang dicanangkan.

Untuk membackup  program PUP sebagai unggulan menuju profil utama, maka segera akan ditindak lanjuti dengan penataan dan pembenahan berbagai fasilitas penunjang pelaksanaan PUP tersebut. Diantaranya adalah laboratorium, kandang dan sasaran pasar. Untuk mengoptimalkan pelaksanaan maka pada saat sambutan tersebut juga telah di terapkan koordinator PUP dan Magang yaitu Prof.Dr.Ir.Wahyu Widodo, MS di bantu oleh drh.Imbang Dwi Rahayu, M.Kes sebagai sekretaris. Harapan dari penunjukan tersebut adalah dapat diperoleh sistem pelaksanaan magang, PUP yang terpadu dengan pengambilan data untuk skripsi, sehingga pelaksanaan PUP lebih terpadu, optimal dan dapat memperpendek masa studi mahasiswa. Selain itu ada keterpaduan antara jurusan, laboratorium dengan university farm di dalam sharing penggunaan fasilitas  dan pembagian waktunya.

Profil lulusan lainya adalah sebagai manajer dan peneliti/pendidik. Kedua profil ini ditujukan untuk mahasiswa yang mempunyai kemampuan manajerial dan analisis yang lebih tinggi, dan mereka menginginkan dapat bergabung diperusahaan peternakan besar seperti Comfeed, Charoon Phokphand dan lain-lain, serta yang  mempunyai keinginan untuk mengembangkan keilmuan. Pada saat ini telah ada beberapa mahasiswa dengan kemampuan bahasa asing/inggris yang menonjol dan beberapa telah memperoleh beasiswa dari program Erasmus Mundus yang studi S-2 maupun program tukar budaya seperti program Jenesys (kunjungan mahasiswa Indonesia ke jepang 2014).

Untuk membackup  kemampuan bahasa inggris mahasiswa, maka telah di canangkan pula lerning Outcomes yang berupa penggunaan komunikasi global, dengan jalan meningkatkan  peran setiap dosen dalam pemberian bahasa inggris praktis, mendalami penggunaan kosa kata atau beberapa kalimat dalam tugas atau perkuliahan.

Hadir pula dalam acara tersebut Dekan Fakultas Pertanian-Peternakan UMM Dr. Ir damat, MP sekaligus menutup acara lokakarya. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan lokakarya yang diadakan oleh Jurusan Peternakan. Beliau berharap dengan hasil lokakarya ini dapat meningkatkan dan memajukan kualitas pembelajaran di jurusan peternakan FPP UMM.

Agenda lokakarya ini selain merumuskan Kurikulum KKNI, juga sebagai ajang untuk berkumpul bersama bagi para dosen peternakan untuk menuangkan ide-ide kreatif demi memajukan Jurusan Peternakan UMM.

Demi kesempurnaan dalam acara lokakarya ini, ditutup dengan doa yang di pimpin oleh KH. Ir.Abdul Malik, MP dari Jombang.

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image