Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Peternakan UMM, Pertama Adakan Lokakarya Perwalian

Author : Administrator | Sabtu, 31 Maret 2012 14:02 WIB

Pembantu Rektor III UMM, Drs Joko Widodo, M.Si dalam memberikan materi
Lokakarya
Perwalian

Hidup ini memang sarat dengan permasalahan, tugas manusia adalah mengelola berbagai masalah dan kemudian menyelesaikan masalah tersebut. Begitu juga dengan dunia akademik yang tidak luput dari persoalan-persoalan terkait akademik terutama permasalahan mahasiswa.

Dengan melihat persoalan itu, maka Jurusan Peternakan FPP UMM mengadakan Lokakarya Perwalian yang dilaksanakan di Aula GKB 1 ruang 507 (31/03/2012). Menghadirkan Psikolog dari UPT Bimbingan Konseling dan juga turut  mengundang Pembantu Rektor III Drs. Joko Widodo, M.Si.

Dalam materinya, Hudaniyah, S.Psi, M.Si  menyampaikan bahwa tugas dan funsi UPT Bimbingan dan Konseling adalah memberikan bantuan secara sistematis oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh civitas akademika agar tercapai :


          1.       Kemampuan untuk  memahami diri
    2.       Kemampuan mengarahkan diri
    3.       Kemampuan menampilkan diri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Selain itu juga memberikan bantuan kepada sivitas akademika yang memiliki permasalahan dengan tujuan agar dapat mengambil tanggung jawab sendiri terhadap permasalahan yang meliputi akademis, non akademis dan wadah pembelajaran terkait bimbingan dan konseling. Berbagai permasalahan yang muncul ditingkat mahasiswa dibidang akademis antara lain permasalahan perkuliahan, pindah jurusan, kurang motivasi belajar, permasalahan skripsi dan hambatan dosen. Adapun permasalahan non akademis yang dihadapi mahasiswa antara lain hubungan interpersonal, hubungan intrapersonal, kurang percaya diri dan gangguan seksual/kepribadian.

Pembantu rektor III UMM dalam materinya menyampaikan bahwa  dalam menangani mahasiswa maka perlu dilakukan langkah-langkah  antara lain dibentuk peraturan, pengawasan terhadap mahasiswa, himbauan, sosialisasi dan penegakan/sanksi. Selain itu permasalahan yang muncul dilapisan mahasiswa  antara lain:

1.       Adaptasi, tempat tinggal dan pergaulan
2.       Moral dan etika
3.       Ekonomi
4.       Gaya Hidup
5.       Susila
6.       Kriminalitas
7.       Wawasan dan Kepemimpinan

Beliau berharap peran dosen wali membawa misi penyelamatan bagi mahasiswa dan institusi serta membentengi mahasiswa  agar berkepribadian luhur dan berbudi pekerti.

 

Dalam Kesempatan lain drh. Imbang Dwi Rahayu, M.Kes selaku Ketua Jurusan Peternakan juga menyampaikan harapanya bahwa hasil lokakarya ini dapat menjadi acuan bagi dosen wali untuk membina mahasiswanya, meminimalisir masalah-masalah mahasiswa, meningkatkan nilai akademik serta lama studi  yang tepat waktu.(khozin/reski)






Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image