Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Praktek Usaha Peternakan

PRAKTEK USAHA PETERNAKAN 

PROGRAM STUDI PETERNAKAN 


   

Pengertian     

Praktek Usaha Peternakan atau disingkat PUP adalah jenis pendidikan kewirausahaan yang dilaksanakan di Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang, sebagai bagian tugas akhir mahasiswa. Metode pelaksanaannya adalah dengan cara praktek langsung berwirausaha secara individu atau berkelompok, dengan pilihan komoditas ternak tertentu, didampingi secara ketat oleh Tim-tim Dosen, selama satu semester penuh.

Tujuan

            PUP diselenggarakan dalam rangka melatih mahasiswa agar mampu menerapkan/mengaplikasikan secara langsung seluruh aspek yang terkait dalam sebuah usaha peternakan mulai dari aspek menejerial (perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi hingga pemasaran), aspek teknis dan aspek finansial.

Sasaran

            Sasaran yang ingin dicapai dengan penyelenggaraan PUP ini adalah agar mahasiswa mampu mempraktekkan secara langsung ketrampilan usaha peternakan, sehingga mahasiswa memiliki jiwa kewirausahaan, kepemimpinan dan kemandirian.

Beban SKS dan Persyaratan Akademik

            Beban SKS PUP bervariasi, untuk angkatan Tahun 2006 dan Tahun 2007, 16 SKS, sedangkan angkatan Tahun 2008 sampai dengan Tahun 2011, 10 SKS.  Persyaratan akademik untuk menempuh PUP, antara lain telah menyelesaikan semester enam, tanpa cuti dan atau telah menempuh 110 SKS, dengan status lulus, serta IP kumulatif minimal 2,00 dan telah melaksanakan Magang Perusahaan (PKL).

Metode Pembimbingan oleh Tim Dosen

            Tahapan  PUP terdiri atas : pembuatan usulan usaha, ujian kualifikasi, diuji oleh 4 dosen, yaitu Kajur, PD I, 1 dosen bidang ilmu dan 1 dosen bidang ekonomi. Hal ini bertujuan untuk menentukan layak tidaknya suatu usaha dilakukan. Jika dianggap layak, Kajur menentukan 2 orang pempimbing PUP, sebagai penanggung jawab pelaksanaan PUP. Dalam pembimbingannya, pembimbing dibantu oleh TIM dosen pembimbing lapang. seperti  TIM pengajar pada perkuliahan regular,  Tim dosen pembimbing lapang  dibagi 4 bidang keahlian, sesuai dengan jenis Mata Kuliah dalam PUP sendiri, yang totalnya 10 SKS, yaitu :  Perencanaan Peternakan (3 SKS),  Agribisnis Peternakan (2 SKS), Praktek Usaha Peternakan (3 SKS) dan  Pemasaran Peternakan (2 SKS).

            Tim Dosen lapang membimbing selama satu semester penuh, seperti perkuliahan reguler yang lain, hanya pelaksanaannya berupa bimbingan praktek kewirausahaan secara langsung di lapang. Keempat Dosen pembimbing lapang tersebut dijadwal kehadirannya ke lokasi PUP, dengan pengaturan setiap Dosen pembimbing lapang diwajibkan kehadirannya sekali dalam seminggu. Dengan demikian setiap hari, selama satu semester mahasiswa peserta PUP ada di bawah bimbingan dan pengawasan ketat Tim Dosen.

            Kegiatan PUP diakhiri dengan pembuatan laporan di bawah bimbingan dosen pembimbing, yang dilanjutkan dengan  ujian akhir PUP, yang dihadiri oleh 2 orang dosen pembimbing, Kajur, dan PD I.


Hasil PUP
presentasi PUP:
1. Presentasi Umam dan Mareta
2. Presentasi yusuf DKK

 
Shared: