Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang
Peternakan
Universitas Muhammadiyah Malang

Himpunan Mahasiswa Jurusan

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PETERNAKAN
MENGADAKAN PELATIHAN WIRAUSAHA
PENYAMAKAN KULIT



Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih dana hibah Dikti melalui Program Hibah Kompetisi Assosiasi Profesi Mahasiswa (PHK-APM) sebesar Rp. 40 juta, berkat proposal yang dikirim tentang pemanfaatan limbah kulit kelinci dan kaki ayam. HMJ Peternakan menyelenggarakan pelatihan penyamakan kulit PHK-APM di laboratorium Peternakan beberapa waktu lalu.
Kali ini HMJ Peternakan memilih untuk penyamakan kulit kelinci berbulu dan kaki ayam, ketimbang kulit sapi dan kambing, terang instruktur dan dosen jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP), Ir. Wehandakan Pancapalaga, MM., MKes. Penyamakan kulit kelinci berbulu dan kaki ayam tidak membutuhkan biaya produksi yang besar, namun memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga cocok sebagai usaha awal mahasiswa.
Disebutkan oleh beliau, bahwa kulit kelinci berbulu yang disamak merupakan limbah pengolahan ternak kelinci, yang semula tidak mempunyai nilai jual. Oleh HMJ Peternakan, kulit tersebut diolah melalui proses kimiawi menjadi sesuatu yang bermanfaat, seperti sepatu, sandal, tas, hiasan, dompet dan kerajinan lainnya.
Demikian pula, kaki ayam, yang semula memiliki nilai jual yang rendah, setelah diberi  beberapa cairan kimiawi dan proses penyamakan, kini mempunyai nilai jual berlipat ganda dari biasanya, yang hanya dikonsumsi.
Nantinya, produk-produk akan dijual di outlet UMM Inn, Pusat Souvenir UMM dan sekitar kampus. Hibah ini adalah awal bagi usaha kami untuk selanjutnya.
Sebanyak 20 mahasiswa dari HMJ Peternakan se-Malang Raya, mengikuti pelatihan selama satu minggu. Mereka berasal dari Universitas Brawijaya, Universitas Tribuana Tungga Dewi, Universitas Islam Malang dan Universitas Kanjuruhan. Masing-masing Universitas mengirimkan dua mahasiswa perwakilannya. Diharapkan para peserta akan menularkan keahlian ilmu penyamakan kulit selama pelatihan di jurusan Peternakan UMM  kepada HMJ masing-masing universitas. (Sumber : KRONIK, EDISI 1/TAHUN IX JANUARI, 2010).
 
 Jurusan Peternakan memiliki unit pengolah limbah kulit. Melalui Sibermas (Sinergi Pemberdayaan  Masyarakat), telah dibentuk kerjasama antara   jurusan   Peternakan dengan Pemerintah Kabupaten Blitar. Staf dosen jurusan Peternakan : Ir. Wehandaka Pancapalaga, MM., M.Kes , Dr. Ir Herwintono, MS , Ir. Khusnul Khotimah, MM. MP  dan Ir. Endang Hartatie, MP telah melatih masyarakat di Garum Blitar untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam penyamakan kulit : Kulit sapi, domba, kelinci, dan kulit kaki ayam. Tidak hanya pelatihan, tetapi staf dosen juga membina pengembangan usaha kecil mengengah di bidang perkulitan.  

INfo HMJ
 
 
 
 

 
Shared: